Ukuran Triplek Standar Yang Benar

Ukuran Triplek Standar - Ukuran Triplek Standar yang Benar. Kayu lapis atau yang tak jarang juga disebut dengan tripleks yakni sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang ditempel secara bersama-sama. Triplek yakni salah satu produk kayu yang paling tak jarang diaplikasikan sebab bersifat fleksibel, murah, bisa disusun, bisa didaur ulang, dan tak mempunyai teknik pembuatan yang kompleks.

Simak Juga : Biaya Pasang Plafon Triplek

Lapisan kayu lapis atau yang umum disebut dengan veneer, ditempel bersama dengan sudut urat (grain) yang disesuaikan untuk menjadikan hasil yang lebih kuat. Umumnya lapisan ini ditumpuk dalam jumlah yang ganjil untuk mencegah terjadinya pembelokan (warping) dan bisa menjadikan konstruksi yang sepadan. Lapisan dalam jumlah genap bisa menjadikan papan yang tak stabil dan gampang terdistorsi. Dikala ini kayu lapis atau triplek sudah tersedia dalam bermacam ketebalan, mulai dari 0,8 mm sampai 25 mm dengan tingkat mutu yang berbeda-beda.

Ukuran Triplek Standar


Triplek menjadi salah satu bahan bangunan yang sungguh-sungguh penting dalam pengerjaan tiap pembangunan gedung atau rumah. Triplek atau bahasa kerennya plywood yakni lembaran kayu yang sungguh-sungguh tipis dan umumnya dikala pembuatannya dibutuhkan mesin khusus dengan ukuran tertentu. Di pasaran ada banyak sekali macam triplek yang beredar di Indonesia mulai dari  ukuran tebal triplek cuma 4 mm hingga 12 atau malah lebih. Padahal sebagian contoh triplek yang tak jarang kita jumpai diantaranya triplek teakwood, triplek alumunium, sengon dan masih banyak lagi.

Simak juga : Cara Pemasangan Plafon GRC

Harga triplek terkini juga bervariasi tergantung ketebalan dan juga bahan yang diaplikasikan. Semisal saja triplek Soft Wood yang mempunyai ciri khas lebih lunak dan umumnya berbahan dasar dari kayu albasia dimana banyak ditemui di tempat Jawa Barat. Triplek dengan kayu ini juga lebih lembut dibandingi dengan triplek yang terbuat dari bahan angsana atau sengon.

Variasi-Variasi Triplek (Jenis)

Ukuran Triplek Standar - GVENT
Jenis Ukuran Triplek Standar

1. Particle Board

Particle board diciptakan dengan mencetak serpihan-serpihan kayu sehingga menyusun papan. Triplek macam ini sesungguhnya memiliki mutu yang tak terlalu baik sebab rentan kepada air dan energi dukungnya sungguh-sungguh rendah. Tetapi, particle board banyak diaplikasikan sebagai bahan baku furnitur yang ekonomis.

2. Multiplek (Plywood)

Multiplek diciptakan dari kulit kayu yang berlapis-lapis dan kemudian dipress memakai tekanan yang sungguh-sungguh tinggi. Multiplek memiliki tekstur yang rapat, tenaga yang tinggi, dan bendung kepada air. Seandainya dirawat dengan bagus, multiplek bisa bertahan sampai menempuh puluhan tahun.

3. Blockboard

Blockboard tertata dari tiga lapisan kayu yang digabung menjadi satu. Dua lapisan luarnya mempunyai ketebalan yang lebih tipis dibanding satu lapisan dalamnya dengan ukuran sekitar 0,5-2 mm. Komponen dalam triplek ini biasanya terbuat dari kayu akasia dan meranti yang solid sehingga tak bisa dilengkungkan.

4. Teakblock

Teakblock ialah lembaran papan kayu jati. Berbeda dengan kayu jati solid, teakblock diciptakan dari lembaran-lembaran kayu jati yang ditumpuk menjadi satu kesatuan. Mengingat harganya yang lumayan mahal, teakblock umumnya cuma diaplikasikan sebagai bahan pelapis papan kayu. Kecuali memiliki tenaga yang sungguh-sungguh baik, teakblock juga unggul sebab mempunyai opsi motif yang beraneka.

5. MDF (Medium Density Fiberboard)

MDF atau papan serat kayu yakni triplek hasil campuran dari serat kayu lunak dan serat kayu keras. Serat-serat kayu hal yang demikian direkatkan memakai perekat atau lilin dan kemudian dicetak di dalam mesin dengan suhu dan tekanan yang super tinggi. Oleh sebab itu, susunan pori-pori MDF jauh lebih bagus dibanding particle board. MDF umumnya diaplikasikan untuk pembuatan furnitur interior dan box loudspeaker.

6. Melaminto

Melaminto tak jarang disebut juga sebagai decorative plywood. Daya ini dikarenakan melaminto tak jarang diaplikasikan untuk memperindah tampilan sebuah papan kayu. Permukaan triplek ini umumnya dilapisi dengan bahan polyester dan melamin yang membuatnya berwarna serta bertekstur licin. Kebanyakan melaminto diolah menjadi white board serta kitchen set.

Ukuran Triplek Standar

Ukuran Triplek Standar
Ukuran Triplek Standar

Dari ukuran triplek yang tertera diatas bahwa triplek mempunyai ukuran yang berbeda-beda sampai struktur jenis kayunya pun berbeda pula. Tiap jenis triplek yang semakin tebal tentunya relatif lebih mahal, lalu Kelebihan dan Kekurangan Triplek itu apa aja ya ? mari kita simak penjelasanya dibawah ini :

#. Kelebihan dari Triplek

- Triplek yakni produk olahan kayu yang pemakaiannya sungguh-sungguh praktis dan mudah disusun ketimbang produk-produk sejenis.

- Triplek memiliki tingkat ketahanan yang tinggi kepada penyusutan sehingga wujud dan ukurannya tak mudah berubah.

- Triplek tersedia dalam bermacam opsi ukuran dan ketebalan yang lebih bervariasi sehingga mempermudah kita dalam memilih yang paling pas.

- Triplek mempunyai energi bendung yang tinggi kepada perubahan cuaca yang ekstrim serta energi tekuk yang dimilikinya lebih baik dibandingi produk kayu lainnya.

- Triplek memiliki struktur yang kokoh sehingga sesuai sekali diaplikasikan untuk rangka utama pembuatan furnitur.

- Triplek bersifat anti air atau setidaknya lebih bendung kepada air daripada macam-macam kayu yang lain berkat adanya lapisan keras yang menyelubungi permukaannya (selain MDF).

- Triplek diciptakan dengan ukuran yang presisi dan seragam, serta tekstur pada lapisan permukaannya malah sungguh-sungguh halus.

#. Kekurangan dari Triplek

- Dibutuhkan bendung yang dimiliki oleh triplek kepada cuaca yang ekstrim secara terus-menerus tak lebih baik ketimbang kayu solid.

- Triplek Standar tak sesuai diaplikasikan sebagai bahan baku pembuatan alat dan perabotan rumah tangga yang bersifat outdoor.

- Pengangkutan triplek dari daerah pembelian ke lokasi progres mesti dikerjakan dengan hati-hati mengingat ukuran ketebalannya yang tipis.

- Kadang-kadang ditemukan triplek yang memiliki permukaan kurang halus dan bergelombang.

- Penggabungan sebagian lembaran triplek mesti mengaplikasikan paku tembak supaya akhirnya lebih optimal dan rapi.

- Tingkat presisi pada sisi ketebalannya kurang baik, terutama seandainya permukaan triplek telah bergelombang.

- Metode tingkat ketelitian yang tinggi untuk menjalankan finishing pada triplek agar akhirnya layak harapan.

Ketika Anda sudah mengetahui dari Ukuran, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan dari kayu lapis ini atau bisa disebut dengan triplek ini. Tidak afdol jika Anda belum tahu bagaimana cara memasang plafon tripleknya yang benar, tenang disini juga akan kami berikan trik memasang plafon tripleknya :

Trik Memasang Plafon Triplek

a. Persiapkan bahan-bahan yang akan diaplikasikan seperti triplek, kayu rangka plafon, paku, cat, dan lain-lain.

b. Persiapkan juga kelengkapan kerja seperti benang ukur, palu, gergaji, dan lain-lain.

c. Pertama, cek dulu apakah dinding yang akan dipasang triplek telah benar-benar rapi dan siap untuk dipasang plafon triplek. Pastikan atap rumah dalam keadaan aman dari kebocoran air hujan yang bisa merusak plafon nantinya.

d.  benang dan selang air untuk menilai kedataran lokasi pemasangan plafon serta penentu batasan spot-spot yang akan dipasang rangka plafon.

e. Atur pemasangan rangka plafon supaya layak dengan ukuran triplek yang ada, dengan posisi rapi dan datar tak bergelombang.

f. Pemasangan triplek dapat diawali sesudah rangka plafon selesai dan benar-benar kuat.

g. Compound dikerjakan untuk menutup cacat kayu pada triplek atau pada nat.

h. Terakhir cat plafon supaya plafon triplek yang sudah terpasang menonjol rapi dan cantik.

Ketika Anda sudah mengetahui Ukuran Triplek Plafon Yang Benar berarti sekarang sudah bisa memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhannya. Terimakasih Anda telah setia bersama kami. 
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar