Cara Memasang Plafon Kalsiboard Yang Betul

Cara Memasang Plafon Kalsiboard - Meskipun tidak termasuk ke dalam konstruksi bangunan, tapi kami menyarankan Anda untuk memasang plafon agar tampilan interior menjadi rapi. Lalu bagaimana Cara Memasang Plafon Kalsiboard, sebelum membahas itu alangkah baiknya simak penjelasanya dahulu. keberadaan plafon akan menghalangi pandangan mata orang-orang yang ada di dalam rumah ke arah atap, di mana kondisi atap ini lazimnya amat kacau imbas banyaknya rangka atap di sana. Cara Pemasangan Plafon Kalsiboard yang benar sangat mempengaruhi dalam hasil yang akan dilihat nantinya dan faktor kebersihan bahkan tidak terjaga dengan baik karena posisinya susah dijangkau. Nah, plafon inilah yang akan membantu Anda menyembunyikan pemandangan yang tidak sedap dipandang mata tersebut.

Kini telah tersedia banyak sekali pilihan material yang dapat diaplikasikan untuk membuat plafon. Mulai dari triplek, kayu, hingga gypsum. Dan yang paling baru ialah kalsiboard. Material ini banyak dipilih karena bersifat ramah lingkungan. Kalsiboard 100% tidak mengandung asbes baik itu chrysotile, amosite, chroidolit, dan ragam asbes lainnya. Jadi rumah tak cuma tampak indah, tapi juga aman bagi para penghuninya. Silakan Anda bisa memakai material ini untuk membangun plafon pada rumah Anda.

Simak juga : Cara Pasang Rangka Plafon Kayu

Ada tiga langkah utama yang semestinya dilakukan untuk memasang plafon kalsiboard yakni membagi area kerja, memasang rangka plafon, dan memasang plafon.

Cara Memasang Plafon Kalsiboard

Cara Memasang Plafon Kalsiboard
Cara Memasang Plafon Kalsiboard

Langkah 1. Pembagian Zona Kerja

Tentukan area mana saja yang akan dipasangi plafon kalsiboard serta bagian mana yang tidak perlu. Ruangan yang berpotensi menjadi area tambahan untuk keperluan baru sebaiknya tidak usah dipasangi plafon untuk menghindari pembongkaran nantinya. Seumpama seperti ruangan kosong di sebelah dapur atau ruang keluarga yang lokasinya di dekat ruang tamu. Kemudian ukurlah dimensi ruangan hal yang demikian dalam dua variabel yaitu ukuran lebar permukaan dinding dan ketinggian dinding dari lantai ke plafon.

Langkah 2. Pemasangan Rangka Plafon

Rangka untuk pemasangan plafon kalsiboard umumnya dipasang balok penguat tiap jarak 75 cm sampai 1 m. Rangka ini berfungsi untuk meneruskan beban material plafon ke dinding dan mencegah permukaan plafon dari lendutan. Tingkat ketebalan balok framing yang dipakai mempertimbangkan ketebalan dinding partisi yang bakal diwujudkan. Berikan selisih sekitar 2 cm untuk ketebalan dinding yang diperlukan karena bahan kalsiboard biasanya tak terlalu tebal. Umpamanya jikalau ketebalan dinding partisi yang dibutuhkan 12 cm, Anda cukup memakai balok framing dengan ketebalan 10 cm.

Langkah 3. Pemasangan Plafon Kalsiboard

Kalsiboard mempunyai wujud berupa lembaran-lembaran tipis yang bermuatan ringan. Untuk menyambung kalsiboard yang satu dengan lainnya, Anda dapat menggunakan lem khusus yang banyak tersedia di kios bangunan. Anda seharusnya memutuskan perekat tersebut menempel sungguh-sungguh kuat pada saat menyambung kalsiboard. Sesudah ini dikerjakan agar ikatan yang terwujud amat kencang dan kalsiboard tersebut tak mudah terlepas dari posisinya. Sesudah Anda mengelem kalsiboard ini, jangan lupa untuk menekan permukaan sambungannya dengan kuat.

Sesudah plafon kalsiboard selesai dipasang, Anda bisa membersihkan sisa-sisa lem, khususnya yang mengenai permukaan bagian bawah plafon. Minyak tanah atau bensin untuk menghilangkan sisa-sisa perekat hal yang demikian dengan kencang. Langkah selanjutnya terserah Anda sendiri. Anda bisa menggunakan cat atau memberikan bahan pelapis lain ke permukaan plafon tersebut supaya tampilannya kian indah.

Sumber : arafuru

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memasang Plafon Kalsiboard Yang Betul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel