Cara Membuat Beton Cepat Kering (Benar)

Cara Membuat Beton Cepat Kering - Ada kalanya kita semestinya membuat beton cepat kering untuk kebutuhan tertentu. Maka dibutuhkanlah bahan tambahan untuk campuran adukan beton, baik bahan kimia ataupun bahan mineral. Formatnya malah bermacam-jenis. Ada yang berupa serbuk padat atau cairan. Secara kimiawi, bahan-bahan tambahan ini akan memberikan akibat kepada sifat dan karakteristik dari campuran adukan beton. Lalu bagaimanakah cara membuat beton cepat kering, ulasan yang anda cari ini akan kami beritahukan untuk anda.

Kami pernah membahas perihal bahan additive untuk campuran beton di sini. Pada dasarnya, terdapat 3 tipe bahan tambahan beton berdasarkan fungsinya. Pertama yakni bahan tambahan untuk mempercepat pengeringan beton yang kebanyakan diaplikasikan pada bangunan air. Kedua merupakan bahan tambahan untuk memperlambat pengeringan beton yang umumnya diterapkan untuk medan yang susah dijangkau. Serta ketiga merupakan bahan tambahan untuk mengurangi penggunaan air.

Simak juga : Cara Memasang Plafon Kalsiboard

Jadi bagaimana caranya membikin beton cepat kering? Kunci utamanya ialah kita memerlukan suatu bahan tambahan yang sanggup mempersingkat waktu pengeringan adukan beton. Salah satunya ialah plasticizer atau dikenal pula sebagai water reducing admixtures. Umumnya bahan tersebut berprofesi dengan mengurangi kadar air yang ada di dalam adukan beton sehingga mampu menjadikan beton dengan konsistensi tertentu.

Cara Membuat Beton Cepat Kering

Cara Membuat Beton Cepat Kering
Cara Membuat Beton Cepat Kering

  • Plasticizer (Water Reducing Admixtures)
Plasticizer (water reducing admixtures) ialah bahan tambahan yang bermanfaat untuk mempercepat progres pengeringan beton. Bahan ini akan mengurangi kadar air yang terkandung di dalam adukan beton sehingga bisa menghasilkan beton dengan konsistensi tertentu. Di Indonesia, ada beberapa merek produk plasticizer yang mempunyai kemampuan water reducing.

Aplikasi bahan tambahan plasticizer bisa dipakai pada proyek pembangunan beton berkualitas tinggi yang membutuhkan waktu pengeringan lebih kencang. Takaran yang diterapkan sekitar 130-265 ml plasticizer per 100 kg semen tergantung keperluan. Meski waktu pembuatan beton bisa diciptakan menjadi lebih pesat, tetapi Anda semestinya berhati-hati sebab ada risiko beton tersebut mengalami keretakan imbas progres pengeringannya berjalan tak normal.

Beton yang retak menyebabkan strukturnya menjadi keropos, tidak kuat, dan gampang rubuh. Oleh karena itu, diperlukan bahan tambahan lain yang sanggup mencegah terjadinya risiko keretakan pada beton tersebut. Di antaranya yakni calbond dan calflash.

A. Calbond

Calbond yakni bahan perekat beton yang berbasis plastik. Fungsi utama dari bahan ini yaitu menyambungkan beton lama dengan beton baru serta menolong melekatkan plesteran pada pemasangan batu bata. Calbond juga bisa dipakai untuk membetuli tembok yang retak dan membantu proses pemasangan keramik. Sebagian orang juga kerap kali menyebut calbond dengan nama perekat beton.

Metode menerapkan calbond pada dasarnya mudah sekali. Bila Anda berkeinginan menerapkannya untuk menyambung beton lama dan beton baru, maka Anda patut mengoleskan bahan ini ke permukaan beton terlebih dulu dan menunggunya selama 15 menit. Barulah kemudian dilanjutkan dengan cara kerja pengecoran atau pemlesteran. Meskipun jika berharap memakainya untuk melanjutkan pelaksanaan pengecoran yang terhenti, calbond harus dicampur dengan semen dan air hingga kekentalannya seperti cat. Lalu siramkan campuran tersebut ke permukaan cor.

B. Calflash

Calflash memiliki fungsi untuk menambal lubang bocoran yang terdapat di beton. Kalau tidak segera diperbaiki, lubang hal yang demikian akan memberikan dampak negatif terhadap bangunan beserta isi di dalamnya. Ukuran lubang pun lama-kelamaan akan kian membesar. Kasus ini banyak terjadi pada tempat penampungan air bawah tanah, pondasi mesin, bendungan, ruang basement, dan lain-lain.

Cara mengaplikasikan calflash dijalankan dengan mencampurkan calflash dengan semen secukupnya, lalu aduk secara merata tanpa tambahan air. Campuran yang telah terwujud seketika bisa langsung digunakan untuk menambal beton yang berlubang. Sekiranya ukuran lubang cukup besar, maka Anda patut menyumbatnya dahulu mengaplikasikan selang yang berukuran 5 cm. Area di sekeliling selang lalu ditutup menggunakan kayu. Kemudian ditambal lagi dengan campuran calflash dan semen sampai tertutup rapat.

Demikian Cara Membuat Beton Cepat Kering yang kami sajikan untuk Anda, semoga membantu dan bermanfaat selalu.

Sumber : Arafuru
Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar