Makalah Concrete Pump (Lengkap)

Makalah Concrete PumpJika berkecimpung di dalam dunia teknik atau bahkan jika sedang mempelajari ilmu teknik sipil pasti tidak akan asing dengan istilah Concrete Pump. Banyak sekali makalah Concrete Pump yang bisa dipelajari untuk mengetahui apa itu Concrete Pump dan segala hal yang bisa dilakukan dengan Concrete Pump.


Makalah Concrete Pump

Concrete Pump merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memindahkan atau mentransfer cairan beton dengan cara dipompa. Alat ini biasanya dipakai pada area yang susah untuk dilakukan pengecoran atau biasa juga dipakai pada gedung bertingkat tinggi.

Simak juga : Komponen Batching Plant

Ada beberapa jenis Concrete Pump yang kegunaannya bisa disesuaikan dengan jenis bangunan yang sedang dibangun, seperti:

1. Concrete Pump standar merupakan alat yang bisa digunakan untuk bangunan-bangunan yang rendah dengan ketinggian di bawah 20 meter.

2. Concrete Pump longboom merupakan alat yang bisa digunakan untuk bengunan-bangunan tinggi dengan jumlah lantai yang lebih dari 5 atau bahkan sampai 7 lantai dengan ketinggian bangunan lebih dari 20 meter.

Simak juga : Ukuran GRC Standar

3. Concrete Pump kodok atau portable merupakan alat yang bisa digunakan untuk bangunan-bangunan seperti proyek bendungan, subway, pondasi PLN, dan masih banyak lagi yang tidak bisa dilalui mobil dengan jangkauan horizontalnya dari 120 meter sampai 170 meter.

4. Concrete Pump mini merupakan alat yang digunakan untuk bangunan-bangunan yang letaknya di jalan sempit atau seperti area bangunan yang terdapat pada gang dengan portal yang hanya bisa dilalui jenis mobil seperti colt diesel. Alat ini cocok untuk bangunan rumah tinggal yang memiliki ketinggian 1 sampai dengan 2 lantai.

Menggunakan Concrete Pump akan membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel pada tempat yang sulit dijangkau. Tak hanya itu, risiko segresiyang ditimbulkan sangat kecil dan juga cara ini menjadi cara paling cepat jika dibandingkan dengan cara yang lain.

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan alat ini adalah nilai slump dari campuran beton yang akan dipompa karena jika nilai slump terlalu kecil maka pompa akan bekerja lebih berat.

Itulah sedikit ulasan tentang makalah Concrete Pump. Semoga informasi yang disampaikan bisa bermanfaat.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar