Omah Bangunan ialah tempat informasi berbasis Digital yang bertopik Semua Tentang Hal Bangunan secara Lengkap & Terbaru.

Bahan Plafon Rumah Tahan Air

Bahan Plafon Rumah Tahan Air - Plafon rumah sebenarnya memiliki beberapa jenis, namun untuk Plafon Rumah yang Tahan Air hanya ada 1 jenis yang bisa mengatasinya. Bahan Plafon Rumah yang Tahan Air ialah terbuat dari bahan PVC (Polivinil Klorida), yang jelas terbukti anti air.

Bahan Plafon Rumah yang bagus adalah Tahan Air, karena biar tidak menyebabkan lembab dan berjamur sehingga terjadinya pelapukan pada permukaan plafon. Memang tidak semua orang memikirkan sampai ke hal ini, namun jika orang yang berpikir kritis pasti akan memastikan bahan plafon apa yang cocok untuk digunakan.

Simak juga : Harga Rangka Plafon Baja Ringan

Plafon ialah komponen yang menjadi batas antara ruangan dan atap. Fungsinya yang lain lumayan banyak, contohnya saja guna menyembunyikan kabel listrik supaya tidak tampak berantakan, membuat sistem sirkulasi udara yang lebih baik serta guna menghadirkan nuansa yang lebih estetis pada interior bilamana element ini terdapat didalam ruang.

Bahan Plafon Rumah Tahan Air


Bahan Plafon Rumah Tahan Air
Bahan Plafon Rumah Tahan Air
Di samping punya faedah yang paling banyak, plafon pun terbagi jadi sejumlah jenis cocok dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya.karena masing masing jenis mempunyai keunggulan dan kekurangan, maka tidak terdapat salahnya anda mengenal jenis jenis plafon. inilah jenis jenis plafon.

Kali ini akan kami berikan beberapa jenis plafon rumah, sehingga bisa dijadikan bahan refrensi untuk Anda yang masih bingung dan bimbang. Berikut ulasan singkat yang kami kutip dari beberapa sumber :

  • Plafon Triplek
Bahan Plafon Rumah Tahan Air
Plafon Triplek
Plafon jenis ini adalah pilihan plafon yang terfavorit dipakai sebelum orang mengenal gypsum. Bahan utama untuk menciptakan plafon ini ialah kayu dipakai sebagai rangka dan triplek 6 mm guna plafonnya. Kenapa triplek 6 mm? Mempertimbangkan menurunnya kwalitas triplek yang beredar dipasaran saat ini (dulu 4 mm saja telah cukup). Jika menggunakan triplek yang tipis, nanti bakal terlihat bergelombang.
  • Plafon Gypsum
Bahan Plafon Rumah Tahan Air
Plafon Gypsum



















Saat ini, plafon jenis berikut yang paling tidak sedikit digunakan. Selain gampang dalam pengerjaan dan pun ketersediaan bahan dengan harga yang lebih bervariasi. Material yang dipakai sebagai rangka guna plafon gypsum dapat bervariasi, seringkali menggunakan metal furing dan ada pun yang menggunakan kayu. 

Penggunaan material kayu sebagai rangkanya, akan dapat menjawab kekhawatiran terhadap ketika pemasangan/perbaikan instalasi listrik bakal sulit sebab rangka plafon gypsum tidak dapat dipijak. Namun andai rumah kamu bertingkat, usahakan pada lantai bawah disarankan menggunakan rangka metal furing saja. Toh.., bilamana ada perbaikan instalasi listrik, instalatornya juga tidak bakal masuk dan merayap di dalam plafon tersebut.


Kelebihan Plafon Gypsum. Di samping cepat dalam pengerjaan, hasilnyapun lebih rapi. Karena sambungan papan gypsum dapat dibuat tidak kelihatan sama sekali (pastikan memakai jasa tukang plafon yang ahli). Model atau format plafonpun akan dapat diwujudkan cocok dengan kemauan anda, sebab sudah terdapat bermacam-macam les profil, motif panel papan tengah dan material lainnya. Bentuk plafon gypsum dapat dibuat sekian banyak  bentuk, terdapat yang bertingkat (drop ceiling), kubah (dome) dan beda sebagainya.


Kekurangan Plafon Gypsum. Plafon ini tidak tahan air, dalam artian andai terjadi kebocoran pada atap, sifat gypsum bakal menyerap air sampai-sampai bebannya akan meningkat berat yang dapat mengakibatkan ambruk. Namun kamu bisa mengantisipasinya dengan melobangi gypsum pada unsur mana yang digenangi air dan lantas perbaiki kebocoran atap anda.

  • Plafon GRC
Bahan Plafon Rumah Tahan Air
Plafon GRC

























Plafon GRC atau Glassfiber Reinforced Cement Board sebetulnya, memiliki ciri khas yang serupa dengan bahan plafon eternit. Namun dari sisi ukuran, plafon GRC sedikit lebih banyak yakni selama 120 x 240 cm. plafon GRC pun memiliki keawetan yang baik terhadap api dan air, tetapi pemasangan terbilang lumayan rumit dan tidak tahan andai terkena dengan benturan. 

Walaupun Anda telah berhati-hati dalam proses pemasangan, terkadang masih saja ditemukan retak rambut pada sela-sela sambungan GRC. Jika kita berniat untuk memakai material ini, Anda bisa menggunakan tenaga berpengalaman supaya hasil lebih rapih.

  • Plafon PVC
Bahan Plafon Rumah Tahan Air
Plafon PVC
















Plafon PVC atau Polyvinyl Chloride adalah salah satu jenis-jenis plafon rumah yang memiliki mutu sangat ringan. Plafon jenis ini memiliki kelebihan yakni tahan terhadap air dan api. Tidak melulu itu, plafon berbahan dasar PVC juga disebutkan anti rayap, lho! Memang PVC sudah tidak sedikit terkenal sebagai bahan dasar bahan proses pembuatan pipa air, namun sekarang PVC pun dapat difungsikan sebagai bahan plafon. Plafon ini juga muncul dalam berbagai macam warna yang bisa dipilih. Anda bisa menyesuaikannya dengan warna cat lokasi tinggal elegan.

Kelebihan Plafon PVC :

- Tahan Air,
- Anti Rayap
- Tanpa Finishing,
- Tidak Merambat Api,
- Mudah Dibersihkan,
- Ringan dan Hemat Rangka,
- Bebas Biaya Perawatan,
- Pemasangan Cepat dan Praktis,
- Design Elegan dan Stylish

Kekurangan Plafon PVC :

Harga yang masih relatif mahal menjadi salah satu kekurangan dari plafon ini. Kemudian bila hendak mengganti warna, maka mesti memasang plafon yang baru sebab permukaan plafon PVC/shunda ini tidak dapat dicat layaknya plafon kayu, triplek, dan gypsum.

Bahan Plafon Tahan Air



Kesimpulannnya dari topik Bahan Plafon Rumah Tahan Air ialah Bahan Plafon yang terbuat dari PVC oleh karena itu rekomendasi untuk Anda yang sedang bingung / bimbang memilih bahan plafon rumahnya silahkan bisa gunakan Shunda Plafon yang berbahan dasar PVC, seperti yang sudah di jelaskan bahwa kelebihan plafon pvc yaitu anti air.

Sumber : patrialand


EmoticonEmoticon

 

Information

Omah Bangunan ialah tempat informasi berbasis Digital yang bertopik Semua Tentang Hal Bangunan secara Lengkap dan Terbaru. Selengkapnya.

Info Lainnya

Social Media Omah Bangunan


Top