Komponen Batching Plant

Komponen Batching Plant Batching Plant merupakan salah satu alat konstruksi yang gunanya sebagai tempat untuk produksi beton ready mix dalam jumlah yang besar. Selain itu, ada beberapa pengertian batching plant yang dibedakan dari jenis beton yang dihasilkan atau dari jenis pengoperasiannya.

Untuk Anda yang belum tahu, beton sendiri adalah salah satu bahan konstruksi yang harganya murah. Namun meskipun murah, bahan ini memiliki kekuatan yang tidak perlu diragukan.

Jika berdasarkan jenis beton yang dihasilkan, pengertian batching plant memiliki 2 macam yaitu batching plant wet dan batching plant dry. Batching plant wet merupakan hasil beton yang sudah siap dikirim. Sedangkan batching plant dry merupakan produk beton yang masih dalam bentuk setengah jadi dan masih perlu diaduk dan dicampur lagi di truk mixer.

Simak juga : Makalah Concrete Pump

Jika dari jenis pengoperasiannya, pengertian batching plant adalah batching plant manual dan otomatis. Untuk manual, batching plant dioperasikan dengan tombol agar semua komponen bisa bergerak. Sedangkan otomatis hanya perlu klik mouse saat loading karena batching plant ini terhubung dengan komputer yang sudah dilengkapi dengan software pendukung.

Komponen Batching Plant

komponen batching plant
komponen batching plant

Setelah mengetahui beberapa pengertian batching plant, tidak ada salahnya jika mengetahui juga beberapa komponen batching plant. Berikut beberapa komponen batching plant:

1. Tangki semen atau silo yang berfungsi untuk menampung semen
2. Agregat bunkers yang digunakan untuk penampungan agregat yang terdapat sekat untuk memisahkan fraksi agregat
3. Alat untuk mencampur atau mixer
4. Conveyor
5. Timbangan
6. Tangki air
7. Dan yang terakhir adalah unit kontrol

Saat ini banyak sekali yang membutuhkan batching plant sehingga penjualannya juga semakin meningkat dan tidak akan sulit ketika ingin mendapatkannya. Mobile batching plant atau batching plant mini sudah bisa ditemukan di mana saja dan setiap jenis yang ada memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Semua keunggulan yang diberikan tentu saja akan sesuai dengan harga yang ditawarkan. Jika ingin membeli batching plant, tidak ada salahnya jika memperhatikan terlebih dulu keunggulan yang sesuai dengan kebutuhan.

Itulah sedikit ulasan tentang komponen batching plant. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga bermanfaat.

Bagikan melalui media sosial
Atau
Bagikan dengan tautan
Posting Komentar