Tuesday, 21 May 2019

Perbedaan GRC Dan Gypsum

Perbedaan GRC Dan Gypsum - Jika kita membandingkan perbedaan antara Plafon GRC dan Plafon Gypsum ini pastinya ada perbedaan. Karena dari sisi bahan dasar yang dipakai saja sudah berbeda.

Atap adalah salah satu interior bangunan yang berfungsi sebagai sekat antara atap bangunan dan ruangan, sehingga ruangan tetap bersih dari debu / kotoran yang sering jatuh dari langit-langit. Nah ... Untuk membuat atap, ada beberapa bahan yang bisa digunakan, tetapi di sini Omah Bangunan mencoba memaparkan 2 jenis bahan atap yang lebih kuat dari jenis atap lainnya.

Perbedaan GRC Dan Gypsum

2 jenis bahan plafon yang dimaksud ialah bahan plafon dari GRC dan Gypsum, berikut ulasannya :

Plafon gipsum dan plafon GRC adalah dua jenis plafon yang sangat laris dipasaran. Plafon Gypsum memiliki harga yang relatif murah dan mudah dalam hal pemasangan. Sedangkan plafon GRC adalah plafon yang kuat, kokoh, dan tahan terhadap air, sehingga banyak yang minat.

Plafon GRC

Perbedaan GRC Dan Gypsum

Plafon GRC adalah plafon yang menggunakan papan semen fiber glass yang kuat. Papan semen yang digunakan untuk plafon GRC membuat plafon tahan terhadap air. Selain itu, plafon GRC juga merupakan jenis plafon yang kuat.
  • Kelebihan dari Plafon GRC :

Ini adalah beberapa keuntungan dari plafon GRC yang harus Anda ketahui:

- Bukti kuat dan Tahan bocor.

Salah satu kelebihan plafon GRC yang banyak disukai adalah lebih kuat dan tahan terhadap kebocoran. plafon GRC tidak mudah pecah dan tidak akan bocor ketika ada kebocoran di plafon, dll. plafon ini juga relatif aman digunakan di tempat lembab karena tidak akan lembab atau berjamur.

- Masa Pemakaian Yang Lebih Lama.

Karena lebih kuat dan lebih tahan terhadap air, umur plafon GRC lebih panjang dari plafon gypsum. Umur panjang ini akan menjadi keuntungan Anda sendiri, karena tidak akan memperbaiki atau mengganti plafon ini terlalu sering dalam waktu singkat.

- Mempunyai Perawatan Yang Mudah

Keuntungan selanjutnya dari plafon GRC adalah mudah dalam hal perawatan. Ini karena langit-langit GRC tidak mudah menyerap noda, membuatnya lebih mudah untuk dirawat dan dibersihkan.

Perbedaan GRC Dan Gypsum

Perbedaan GRC Dan Gypsum
Perbedaan GRC Dan Gypsum
  • Kekurangan dari Plafon GRC :

Berikut adalah beberapa kelemahan plafon GRC yang perlu anda ketahui

- Harganya relatif lebih mahal

Salah satu kelemahan dari plafon GRC adalah harganya yang relatif lebih tinggi daripada plafon gipsum. Jika Anda memiliki anggaran terbatas untuk mendapatkan plafon, plafon GRC bukan pilihan yang tepat. Namun harga plafon yang mahal sebenarnya konsisten dengan kualitas yang diberikan. Jika dihitung ulang dan total, anggaran yang akan Anda keluarkan untuk memperbaiki atau mengganti plafon gipsum sebenarnya lebih penting.

- Instalasi membutuhkan banyak waktu

Kelemahan lain dari plafon GRC adalah pemasangannya membutuhkan banyak waktu. Plafon GRC terbuat dari campuran serat dan semen tebal. Karena itu waktu pembuatan atau pemasangan plafon GRC lebih panjang dari plafon gipsum.

- Membutuhkan Akurasi selama Instalasi

Kurangnya langit-langit GRC berikutnya adalah kebutuhan untuk akurasi selama proses instalasi. Ini sebenarnya dibutuhkan untuk semua jenis langit-langit. Akurasi saat memasang langit-langit perlu dilakukan agar memberikan hasil akhir yang cocok dan kuat.

Sedangkan dengan jenis plafon gypsum ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan, silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini :

Plafon Gypsum

Perbedaan GRC Dan Gypsum

Plafon gypsum adalah jenis plafon yang saat ini sangat banyak digunakan sebagai plafon rumah. Plafon jenis ini banyak digunakan karena mudah dipasang dan dengan harga yang relatif murah. 
  • Kelebihan dari Plafon Gypsum
Berikut adalah beberapa kelebihan plafon jenis gypsum yang anda perlu ketahui :


- Memiliki Kemudahan Instalasi

Salah satu manfaat dari plafon gypsum yang membuatnya sangat disukai adalah kemudahan pemasangan. Plafon gipsum lebih mudah dipasang daripada plafon GRC. Selain itu, plafon juga lebih bersih daripada plafon GRC karena plafon gipsum lebih mudah dibentuk, sehingga memberikan tekstur yang baik.

- Memiliki Sifat Tahan Api

Keuntungan lain yang dimiliki oleh plafon gipsum adalah bahwa ia mudah terbakar atau memiliki sifat tahan api. Dengan sifat-sifatnya, ketika kebakaran terjadi, api tidak akan menyebar dengan mudah. Ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan.

- Dengan Harga Lebih Terjangkau

Keuntungan lain dari plafon gipsum adalah harganya lebih rendah dari plafon GRC. Jika Anda membutuhkan plafon dengan anggaran terbatas, Anda bisa menggunakan plafon gipsum.
  • Kekurangan dari Plafon Gypsum :
Berikut adalah beberapa kelemahan plafon jenis gypsum yang anda perlu ketahui :

- Lebih Mudah Rusak


Salah satu kelemahan dari plafon gipsum adalah tidak tahan air. Untuk masalah daya tahan, langit-langit GRC lebih tahan terhadap air daripada langit-langit gipsum standar. Inilah yang membuat plafon gipsum standar lebih cepat rusak dan tidak tahan lama. Namun, plafon gipsum menyediakan plafon yang tahan air untuk Anda gunakan.

- Terlihat Buram & Berjamur

Kerugian selanjutnya dari plafon gypsum adalah plafon akan terlihat lebih buram dan berjamur saat berada di tempat yang lembab dan basah. Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa genteng rumah Anda tidak memiliki kebocoran yang dapat membuat plafon gipsum rusak.

Simak video berikut ini :

Video Perbedaan GRC dan Gypsum



Jadi, kesimpulan dari Perbedaan GRC dan Gypsum ialah : 

Dari penjelasan plafon gipsum dan GRC di atas, dapat disimpulkan bahwa plafon GRC memiliki kualitas yang lebih kuat daripada plafon gipsum. Plafon GRC juga lebih tahan lama. Meskipun harga plafon GRC relatif lebih mahal, plafon GRC lebih tahan lama. Jadi, sebenarnya harga plafon GRC ini sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Demikian informasi yang bisa kami sajikan untuk Anda, tetap simak Omah Bangunan. Karena kami akan selalu mengupdate info info terbaru seputar bangunan. Terimakasih Anda telah berkunjung di situs ini.

Perbedaan GRC Dan Gypsum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Omah Bangunan

 

Top